6 Manfaat Tahu: Lauk Sederhana, Gizi Istimewa

Manfaat tahu untuk kesehatan tubuh. Lauk nikmat yang ‘merakyat’ dengan kandungan gizi istimewa. Tahu memiliki berbagai jenis, mulai dari tahu putih, kuning, pong, sutera, kulit, dan sebagainya. Pada dasarnya, tahu bertekstur lembut dan menghadirkan rasa gurih.

Selain rasanya yang lezat, tahu juga mudah ditemukan di pasaran. Tak heran, apabila olahan kacang kedelai ini sudah menjadi makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

Makanan olahan ini juga mengandung berbagai kandungan dan manfaat yang diperlukan tubuh. Lantas, apa saja kandungan dan manfaat tahu untuk kesehatan? Simak di bawah ini!

Kandungan Tahu

Pasalnya, tahu menjadi makanan yang biasa dikonsumsi karena kaya akan kandungan gizi. Baik protein nabati maupun komposisi asam amino terlengkap. Nah, apa sajakah kandungan tahu? Simak kandungan nutrisi per 100 gram (g) tahu di bawah ini:

  • Air: 82,2 g
  • Energi: 80 kilokaloki (kkal)
  • Protein: 10,9 g
  • Lemak: 4,7 g
  • Karbohidrat: 0,8 g
  • Fosfor: 183 miligram (mg)
  • Kalsium: 223 mg
  • Kalium: 50,6 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Serat : 0,1 g
  • Zat besi: 3,4 mg
  • Seng (zinc): 0,8 mg
  • Beta Karoten: 118 mikrogram (mcg)
  • Thiamin (vitamin B1): 0,01 mg
  • Riboflavin (vitamin B2): 0,08 mg
  • Niacin (vitamin B3): 0,1 mg

Manfaat Tahu untuk Kesehatan

Dibalik kandungan gizi tahu, tentunya, ada berbagai manfaat dan khasiat yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya, .

Itu sebabnya banyak orang yang menjadikan tahu sebagai santapan favoritnya. Ditambah lagi, harganya yang sangat terjangkau. Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah manfaat tahu untuk kesehatan:

1. Menjaga Kadar Gula Darah

Siapa sih yang mau terjangkit penyakit diabetes? Pastinya, semua ingin menghindari penyakit mematikan satu ini. Pada dasarnya, diabetes atau kencing manis terjadi karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh, .

Tahu adalah salah satu makanan yang mengandung isoflavon, yakni senyawa yang dipercaya mampu mengontrol hingga menurunkan kadar gula darah. Oleh karena itu, tahu sangat baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Nah, selain memperbaiki sensitivitas insulin, senyawa isoflavon ini juga memiliki berbagai manfaat, lho, . Akan dibahas lebih lanjut di bawah ini, ya!

2. Mengurangi Risiko Kanker Saluran Pencernaan

Sebelumnya, telah dibahas mengenai fungsi isoflavone untuk mencegah diabetes. Kini, akan dibahas mengenai manfaat isoflavone yang dapat mengurangi risiko kanker saluran pencernaan, seperti kanker kolorektal dan lambung.

Pada dasarnya, manfaat ini telah dibuktikan dari penelitian yang menunjukkan bahwa asupan tahu berhasil menurunkan risiko kanker saluran pencernaan sebanyak 61% pada pria dan 59% pada perempuan.

3. Menurunkan Risiko Terjangkitnya Kanker Prostat

Selain mencegah kanker saluran pencernaan, kandungan isoflavon dalam tahu juga berfungsi untuk menurunkan risiko kanker prostat, lho, .

Sebab, kandungan isoflavon ini beraksi sebagai anti karsinogenik atau zat yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Terlepas dari itu, ada pula senyawa antioksidan yang dapat memerangi radikal bebas sebagai molekul penyebab kanker.

4. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara tentu menjadi mimpi buruk bagi setiap wanita. Faktanya, penyakit satu ini adalah penyebab utama kematian di kalangan wanita, yakni sebesar 15,5%.

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi guna mencegah penyakit ini adalah tahu. Sebab, tahu mengandung phyto estrogens yang diyakini berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker payudara.

5. Mempertahankan Kesehatan Kulit

Isoflavone, senyawa akan multi-manfaat ini juga dipercaya bagus untuk kesehatan kulit, . Kandungan ini dapat mengurangi tanda penuaan kulit seperti bintik hitam, keriput, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, isoflavone juga mampu membantu mengencangkan otot kulit dan mempertahankan elastisitas kulit. Nah, bagi kamu yang ingin mendapatkan kulit yang bagus, rajinlah untuk konsumsi tahu, ya!

6. Mencegah Osteoporosis

Penyakit osteoporosis adalah kondisi dimana kepadatan tulang berkurang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah. Kalsium adalah salah satu nutrisi yang dapat mencegah pengeroposan tulang tersebut, .

Kandungan kalsium ini bisa kamu dapatkan melalui konsumsi tahu. Bahkan, ada yang mengatakan kandungan kalsium dalam tahu (4 ons) serupa dengan kandungan kalsium dalam susu sapi (8 ons), lho.

Selain kalsium, isoflavon dalam tahu ini juga diketahui dapat meningkatkan kepadatan tulang guna mengurangi risiko osteoporosis pada wanita menopause.

Untuk mendapatkan tahu dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan tahu juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.